9 Manfaat Menggunakan Distribution Management System

November 2, 2020

http://www.shutterstock.com/

Manajemen distribusi tampaknya merupakan istilah sederhana yang berarti mengelola distributor Anda dengan memasok produk, mengumpulkan pembayaran, dan menangani pengembalian. Tetapi ada lebih dari sekadar kegiatan dasar ini mengingat kompleksitas operasional dan perkembangan teknologi di zaman modern. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi organisasi untuk memiliki sistem manajemen distributor (DMS) yang efisien untuk memanfaatkan sumber daya rantai pasokan mereka.
Pada artikel ini, kami telah membahas beberapa manfaat inti dari sistem yang efisien untuk manajemen distributor.

1. Pemanfaatan Resource Secara Optimal

Manajemen pesanan, pengiriman, dan proses pengembalian yang efisien, serta sistem pengumpulan pembayaran yang didukung oleh fitur pelaporan yang kuat memainkan peran penting dalam mencapai target penjualan dan pertumbuhan yang diinginkan.
Selain itu, sistem manajemen distributor yang efisien memungkinkan pengoperasian yang cepat dan lancar yang pada akhirnya menghemat waktu. Misalnya, distributor dapat mengatur pemesanan otomatis ketika stok mencapai ambang batasnya, dan produsen dapat mengirimkan pesanan baru dengan cepat karena semua komunikasi dilakukan secara digital dan instan. Ini menghapus banyak proses manual dan memakan waktu serta meningkatkan akurasi.

2. Manajemen Persediaan yang Akurat

Terlepas dari ukuran organisasi dan, manajemen inventaris dapat memusingkan tanpa memiliki sistem yang tepat. Namun berkat sistem manajemen distributor modern yang menyertakan fitur penting ini sebagai bagian dari paket.
Jika sistem ini terintegrasi dengan rantai pasokan Anda, tidak akan ada persediaan yang habis atau akses. Sekalipun bisnis Anda memiliki banyak produk, distributor, dan retail yang mencakup pasar yang besar, jumlah kesalahannya akan cukup rendah.

3. Order Manajemen yang Akurat

Tak perlu dikatakan bahwa sistem manajemen distribusi mengintegrasikan banyak proses dan komunikasi. Hal ini mengurangi intervensi dan kesalahan yang terjadi pada manusia. Dengan demikian, dengan jaringan besar yang mengelola ratusan pesanan produk setiap hari mendapatkan manfaat dari pengelolaan pesanan yang akurat.
Selain itu, keunggulan ini menawarkan keuntungan bagi semua pihak yang terlibat, yaitu manufaktur, dealer, dan retail. Mereka tidak perlu khawatir tentang masalah seperti keterlambatan atau penempatan pesanan lebih awal, keterlambatan pengiriman, dan kehilangan penjualan.

4. Promosi dan Harga yang Selaras

Ini masih menjadi tantangan besar bagi banyak organisasi. Tetapi ada sistem manajemen distribusi seperti BOSNET yang memiliki fitur penting ini terintegrasi. Jika Anda ingin menyelaraskan promosi dan harga yang baik, Anda harus menerapkan perangkat lunak yang efisien seperti ini.
Selain itu, sistem manajemen distributor yang canggih memungkinkan produsen mengumpulkan data kinerja lini produk, distributor, dan pasar secara berkala. Perusahaan dapat membuat promosi, harga, dan penawaran khusus berdasarkan laporan ini. Selain itu, mereka dapat menetapkan target yang realistis dan dapat dicapai untuk memotivasi dan mendorong hasil yang lebih baik dari dealer dan tim penjualan.

5. Pengiriman Barang dan Retur Produk

Pengiriman produk adalah langkah terpenting dalam proses supply-chain. Oleh karena itu, koordinasi berkelanjutan antara bagian penjualan, gudang, distributor, dan retail tidak dapat dihindari. Sistem manajemen distributor dirancang untuk memenuhi persyaratan ini dan berisi fitur-fitur canggih yang mendorong pelaksanaan terjadwal dari pengiriman dan permintaan pengembalian. Pada akhirnya, Perusahaan menghadapi masalah stok minimum dan meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan.

6. Platform Komunikasi Untuk Semua Pihak

Ketika sebuah bisnis mmenerapkan sistem untuk distribusi produk, mereka mendapatkan keuntungan besar dalam hal komunikasi yang efisien. Mulai dari pemesanan dan retur barang, pengiriman, dan pembayaran untuk promosi, harga, dan pelaporan, semuanya tercakup. Artinya, semua pihak yang terlibat dalam proses penjualan dan pasokan akan berkomunikasi dengan sempurna di platform yang sama.

7. Payment Collection yang Terorganisir dengan Baik

Jika Anda telah mengatur semuanya dengan baik dengan setelan bisnis, efek keseluruhannya akan terlihat jelas dalam hal pendapatan dan laba. Jadi, ini adalah salah satu manfaat utama dari sistem manajemen distributor yang efisien sebagai bagian dari solusi perangkat lunak bisnis yang lengkap.
DMS membuat pembuatan faktur, pengumpulan pembayaran, peringatan jatuh tempo, dan pengingat menjadi mudah dan teratur. Jadi bisnis tidak perlu khawatir dan bisa fokus pada aktivitas penting lainnya.

8. Target dan Pencapaian yang Lebih Baik

Tantangan terbesar bagi departemen sales dan distributor adalah meningkatkan pendapatan di setiap kuartal. Tetapi sebuah organisasi dapat membantu upaya mereka dengan distribusi yang efisien dan sistem manajemen rantai pasokan. Ini karena mereka mendapatkan gambaran yang jelas tentang kinerja tim penjualan dan dapat menetapkan target yang realistis namun menantang.

9.  Reporting Lebih Efisien

Seperti solusi perangkat lunak bisnis lainnya, Distribution Management System yang efisien hadir dengan dasbor yang mudah digunakan. Ini membantu pengguna, yaitu departemen penjualan, distributor, gudang, dan departemen pengumpulan pembayaran untuk melihat dan mengunduh laporan penting dengan mudah. Mereka dapat melihat laporan dan bagan harian, mingguan, dan bulanan dan menggunakannya untuk perkiraan, penetapan tujuan, dan meningkatkan penjualan dan operasional.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Request a Demo