Garuda Food Gandeng Telkom Indonesia
untuk Digitalisasi Distribusi di Luar Negeri

July 3, 2020

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk  yang bepengalaman lebih dari tiga dekade dalam industri makanan dan minuman ini, telah memulai usaha sejak tahun 1979 lewat PT Tudung Putra Jaya (TPJ), sebuah perusahaan di Pati, Jawa Tengah dengan memasarkan produk kacang kulit ternama, Kacang Garuda. Garudafood saat ini memproduksi dan menjual berbagai jenis produk, antara lain biskuit, kacang, pilus, keripik, confectionery, minuman susu serta minuman cokelat di bawah lima brand unggulannya yakni Garuda, Gery, Chocolatos, Leo dan Clevo. Dengan banyaknya variasi produk dan kesuksesan Garudafood di pasar domestik, tentu Garudafood tidak melewatkan peluang memperluas pasar dengan melakukan ekspor ke lebih dari 20 negara dengan berfokus pada negara-negara ASEAN.

Dengan adanya perluasan target pasar di wilayah ASEAN, Garudafood kian mantap menerapkan strategi pendistribusian digital sebagai langkah memperkuat ekspansi produk internasional. Implementasi strategi ini ditunjukkan melalui jalinan kerjasama dengan PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT BOSNET Distribution Indonesia (BOSNET). BOSNET, perusahaan pemimpin pasar untuk penyediaan solusi distribusi pada industri FMCG (Fast-Moving Consumer Goods), telah memiliki pengalaman hampir dua puluh tahun dalam penyediaan layanan konsultasi dan implementasi sistem, khususnya di bidang distribusi. Bahkan, Garudafood sendiri juga sudah mempercayai BOSNET selama lebih dari satu dekade. “Berdasarkan pengalaman menangani solusi lebih dari 40 perusahaan yang sudah semakin sadar akan teknologi dan memasuki revolusi industri 4.0, BOSNET telah mengembangkan produknya dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI), sistem yang di gunakan bisa memberikan gambaran detail setiap proses yang dijalankan (Control Tower) sehingga dapat menentukan strategi secara cepat (BOSNET Insight) demi mengoptimalkan kebutuhan konsumen,” ucap Aziz Sidqi, Direktur Utama BOSNET.  

Berkenaan dengan hal tersebut Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara juga mendukung dan mengungkapkan bahwa “Kami selalu menghadirkan beragam inovasi untuk mendukung eksistensi bisnis para pelaku usaha di ranah domestik, bahkan hingga ke pasar internasional. Dukungan diberikan Telkom Group, kali ini melalui BOSNET, untuk penyediaan solusi digital distribusi produk Garudafood.”

Pada Tahun 2020 ini, Garudafood akan menerapkan digitalisasi distribusi ke Vietnam dengan menggunakan sistem BOSNET. Setelahnya, Garudafood akan melanjutkan dengan digitalisasi distribusi ke pasar Asia Tenggara, yakni Malaysia, Brunei, Filipina, Myanmar dan Thailand. Perluasan lingkup bisnis tersebut ternyata mendorong Garudafood menggandeng Telkom untuk penyediaan solusi yang lebih kompleks. Tidak lagi hanya digitalisasi sistem distribusi, Telkom Group juga menyediakan solusi ERP (Enterprise Resource Planning), data center,dan IT resources management. Hal ini membuat proses sistem distribusi semakin terintegrasi, mencakup proses taking order hingga pengelolaan rantai pasok dan logistik. Garudafood berharap, kerja sama ini dapat terus meningkatkan produktivitas, efisiensi distribusi, dan kepuasan para pelanggan setianya di luar negeri.

“Telkom Group memiliki banyak layanan yang mampu dikustamisasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Telkom Group sebagai perusahaan milik negara akan Selalu Ada untuk Indonesia, termasuk melalui penyediaan solusi produk dan layanan yang disiapkan untuk mempermudah, mengefisienkan, dan mengefektifkan bisnis pelanggan di era Digital,” tutup Edi.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Request a Demo