Mengenal Sharing Distribution Strategi | BOSNET Ecosystem

Mengenal Sharing Distribution Strategi

January 18, 2022

Jadi apa itu Sharing Distribution Srategi, dan bagaimana hal ini dapat mengatasi Tantangan Rantai Pasok?

FMCG memiliki peran besar dalam Perekonomian Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar. Dengan demikian, konsumsi produk FMCG akan lebih besar mengikuti jumlah penduduk. Berdasarkan data historis, saluran Tradisional masih berperan besar sejak 2019. Meskipun beberapa saluran lain berusaha untuk tumbuh atau bertahan karena pandemi COVID-19, yang diselaraskan dengan proses digitalisasi dan transformasi.

Selain itu juga terjadi perubahan pola konsumsi konsumen dimana jumlah perjalanan berkurang tetapi pengeluaran meningkat. Frekuensi konsumsi online juga meningkat secara signifikan. Dengan demikian, saluran online berpotensi sebagai penggerak pertumbuhan baru di masa depan. Terlihat dari peningkatan frekuensi konsumsi secara online, berdasarkan tren penetrasi pasar yang ada, terdapat peningkatan yang cukup besar dibandingkan channel FMCG lainnya yaitu online.

Rantai Pasok menghadapi banyak tantangan dalam memenuhi pesanan secara optimal di seluruh pasar yang mereka jangkau dan tantangan semakin bertambah karena Rantai Pasok menjadi semakin kompleks. Memastikan pesanan tepat waktu dan hemat biaya bukanlah tugas yang mudah tetapi sangat penting bagi pelaku untuk tetap menguntungkan. Apalagi dengan maraknya penggunaan teknologi saat ini, outlet dan grosir menggunakan pesanan online, untuk stok produk mereka, ini mengarah pada pesanan acak. Strategi sharing distribution dan mengambil pendekatan kolaboratif untuk Rantai Pasokan Anda adalah cara yang efektif untuk menghadapi tantangan ini secara langsung.

Sharing Distribution adalah strategi berharga bagi principals/ distributor untuk mengadopsi dan menunjukkan integrasi mitra untuk membuat ‘sharing model’Sharing model ini memungkinkan mitra untuk menggabungkan infrastruktur Rantai Pasok, aset, dan teknologi untuk mengkonsolidasikan pesanan volume yang lebih rendah pada rute volume yang lebih kecil. Penggabungan / konsolidasi ini dapat membantu mengoptimalkan rute, mengurangi kelebihan kapasitas, yang mengarah ke pengurangan biaya dan peningkatan keberlanjutan dalam Rantai Pasokan Anda. Singkatnya, Anda mencari mitra lain yang memindahkan pesanan volume rendah untuk bermitra untuk mengisi kelebihan kapasitas pada truk. Principals harus yakin bekerja dengan mitra baru, karena kolaborasi erat sebagian akan mengintegrasikan prinsipal. Pendekatan kolaboratif ini akan membawa saling menguntungkan dan memperkuat efektivitas Rantai Pasokan. Peluangnya bahkan lebih besar ketika diperkuat dalam jarak yang sangat jauh.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai strategi sharing distribution, mencari mitra, atau memiliki pertanyaan, Call the expert at BOSNET Ecosystem!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Request a Demo