Pentingnya Menerapkan
Distribution Management System
Pada Industri FMCG

November 12, 2020

Manajemen distribusi yang efektif membantu bisnis Anda berkembang. Misalnya, jika Anda tidak memiliki setidaknya jaringan pusat distribusi atau gudang, Anda harus menyimpan semua inventaris Anda di cabang ritel kecil Anda. Anda akan kesulitan untuk mengelola barang-barang tersebut dengan benar dan akan sulit untuk merespon stok habis dengan cepat – Anda harus pergi langsung ke pabrikan daripada hanya memesan lebih banyak produk dari gudang Anda.

Setelah Anda memiliki jaringan distribusi, strategi manajemen distribusi membantu Anda memanfaatkannya secara efektif. Pertimbangkan potensi inefisiensi ini:

Anda tidak memiliki sistem pengelolaan inventaris (IMS). Akibatnya, Anda memiliki beberapa titik data, bukan satu sumber kebenaran, sehingga membatasi kemampuan Anda untuk menjawab pertanyaan pelanggan atau menetapkan titik pemesanan ulang yang akurat.

Anda tidak memiliki sistem pengelolaan gudang (WMS). Akibatnya, pekerja gudang Anda membutuhkan waktu lebih lama dari yang diperlukan untuk menyimpan, mengambil, dan mengemas pesanan.

Anda belum mengoptimalkan tata letak gudang Anda. Akibatnya, limbah gerak gudang Anda meningkat secara signifikan, menunda pengiriman pelanggan dan meningkatkan biaya tenaga kerja.

Anda tidak memiliki sistem manajemen transportasi (TMS). Akibatnya, Anda tidak dapat mengakses informasi waktu nyata tentang tarif jasa kurir atau memilih rute angkutan truk yang paling optimal untuk menurunkan biaya pengiriman tanpa menunda pengiriman pelanggan.

TMS dan WMS Anda tidak terintegrasi. Akibatnya, jadwal logistik masuk dan keluar serta gelombang pengambilan gudang Anda tidak selaras. Paket yang harus dikirim sebelum pukul 17.00 tidak berada di truk terakhir pada hari itu karena staf gudang Anda menghabiskan paruh pertama hari itu untuk mengambil barang yang tidak harus dikirim hingga minggu depan.

Anda belum menegosiasikan tarif pengiriman Anda. Meskipun Anda mengirimkan barang dalam jumlah besar pada frekuensi tinggi, Anda belum memanfaatkan daya tawar Anda untuk mendapatkan nilai tambah atau diskon volume dari operator Anda.

Strategi manajemen distribusi mengevaluasi rantai pasokan Anda secara keseluruhan dan mengidentifikasi area untuk penghematan biaya dan penciptaan nilai plus, ini membantu menginformasikan upaya pemasaran Anda. Dengan jaringan distribusi yang menjaga biaya tetap rendah, Anda dapat mempromosikan produk Anda secara kompetitif sambil tetap menghasilkan keuntungan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Request a Demo