Pentingnya Digitalisasi Distribution Management System (DMS) pada era Teknologi 4.0

October 14, 2020

Saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0, salah satunya Indonesia dan teknologi 4.0 telah secara dramatis berdampak pada ekonomi dan masyarakat. Indonesia telah berkomitmen dan siap menerapkan industri 4.0 untuk membangun industri manufaktur yang berdaya saing global. Berbagai teknologi yang menandai dimulainya revolusi industri 4.0, sudah mulai diterapkan di berbagai lini salah satunya Pendigitalisasi pada industri distribusi.

Di bidang distribusi, solusi aplikasi sekarang dianggap sebagai alat paling efektif untuk mendukung perusahaan untuk me-simplify semua proses mulai dari produksi, distribusi dan bisnis, untuk meningkatkan daya saing di pasar yang sangat kompetitif pada saat ini. Tanpa adanya manajemen distribusi yang baik, tentunya proses marketing dan penjualan akan terhambat.

Apa itu Distribution Management System (DMS)?

adalah sistem aplikasi yang mengelola hampir secara keseluruhan dari semua kegiatan distribusi, mulai dari pembelian pesanan penjualan hingga penerbitan faktur. Segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan pesanan, seperti pembaruan inventaris stok, pembuatan perintah pengiriman, hingga pembuatan faktur.

Jika sebuah perusahaan belum menggunakan sistem, pengerjaan dokumen-dokumen yang di proses di kerjakan secara manual, lain halnya dengan menggunakan aplikasi DMS. DMS ini terintegrasi dengan semua kegiatan distribusi satu sama lain, sehingga proses management distribusi akan menjadi lebih efektif dan efisien.

DMS digunakan oleh divisi pokok dalam perusahaan FMCG atau distributor, seperti digunakan oleh salesman, supervisor salesman, canvassing, depot, merchandising, sampai Headquarter. Salah satu hal terpenting mengenai manfaat dari aplikasi DMS adalah meminimalisir terjadinya kesalahan, yang terjadi karena human-error.

Dengan perusahaan menggunakan sistem BOSNET ini akan sangat membantu para supervisor, manager, dan direksi untuk mengevaluasi setiap kinerja yang dilakukan oleh karyawan dan salesman di lapangan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Request a Demo