Tingkatkan Visibilitas Distribusi Anda dengan BOSNET DMS

November 4, 2020

Distribution warehouse

FMCG atau Fast Moving Consumer Goods adalah bagian integral dari rutinitas harian kita dan mencakup berbagai barang mulai dari minuman dan makanan hingga alat tulis dan perawatan rumah dan pribadi. Sesuai dengan namanya, produk ini memiliki perputaran barang atau pembelian yang lebih cepat dibandingkan dengan produk lain dan memerlukan rantai proses yang efektif untuk pengisian ulang yang tepat waktu dan efisien. Dengan seringnya munculnya produk dan teknologi baru, Prinsipal harus waspada untuk mengikuti industri FMCG dan tumbuh bersamanya.

Karena sifat barang yang dilayani, industri menghadapi berbagai tantangan yang perlu ditangani untuk menyediakan aliran produk yang berkelanjutan dan memadai ke pasar dan memenangkan loyalitas pelanggan dan pada gilirannya, profitabilitas bisnis.

Berikut adalah hal-hal umum yang biasa terjadi pada Industri FMCG 

Ketidaktersediaan Barang

Hal ini adalah risiko yang paling menonjol karena berbagai alasan termasuk perhitungan tingkat pengisian yang salah, perkiraan penjualan yang tidak memadai atau salah atau sekadar tidak tersedianya stok aktual yang berada di lokasi. Ini adalah situasi bencana karena konsumen dapat dengan cepat beralih ke produk pesaing dalam keadaan seperti itu yang menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diatasi pada bisnis dan reputasi Prinsipal.

Kelebihan Persediaan

Situasi ini adalah hal yang berlawanan dari risiko yang di bahas sebelumnya, di mana ada kelebihan pasokan barang yang menyebabkan uang mati. Setiap produsen FMCG berusaha untuk menyimpan stok pengaman yang optimal untuk menghemat biaya yang tidak perlu.

Perbedaan Laporan Data

Seringkali, laporan yang sama dari sumber yang berbeda menampilkan angka yang berbeda yang menyebabkan ketidakjelasan.

Distributor Mengunakan Sistem yang Berbeda

Penjualan tidak dapat dilacak dengan cara tradisional. Ini adalah waktu yang tepat untuk merangkul teknologi canggih untuk pelacakan yang efisien dan akurat.

Bagaimana BOSNET membantu Anda dalam mengatasi hal ini semua.

MoDis (Mobile Distribution) BOSNET memainkan peran penting agar Anda memiliki pengoperasian yang paling sederhana. Dengan hanya satu klik, semua data hasil akan diunggah ke server. Tidak ada pekerjaan administrasi untuk entri data sama sekali. Dan, sistem akan melakukan rekap. Sangat sederhana!

Rute Manajemen

Kendalikan rute Anda dan gunakan untuk mendorong penjualan secara efektif
Source: https://www.freepik.com/

Membangun rute dengan BOSNET Distribution itu sederhana. Biasanya, depo akan ditempatkan di tengah jangkauan distribusi. Kemudian, tentukan area di mana setiap area memiliki gerai yang dilayani oleh seorang penjual. Suatu area juga dapat dilayani oleh salesman dari tim produk yang berbeda, seperti makanan ringan atau perawatan pribadi. Kemudian, bagi area tersebut menjadi beberapa rute untuk hari tertentu dan isi setiap rute dengan outlet. Semua selesai, sangat sederhana!

Manajemen Pengiriman

Fitur yang mudah digunakan untuk membantu Anda mengelola pengiriman Barang

Source: https://www.freepik.com/

BOSNET moDis dapat menggunakan banyak cara koneksi untuk memungkinkan salesman mengirimkan pesanan langsung dari lapangan. Dan, BOSNET DFS dapat menghasilkan satu rencana pengiriman untuk pengemudi dari pesanan yang diambil oleh beberapa penjual yang berbeda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan pesanan Anda dari beberapa salesman pada pagi hari dan kemudian produk bisa diantarkan pada sore hari oleh supir dalam grup delivery yang sama dengan salesman tersebut.

Kontrol Operasional Harian

Dirancang untuk Mencegah kerugian dalam operasional.

Source: https://www.freepik.com/

Di depo Anda, ratusan bahkan mungkin ribuan transaksi terjadi setiap hari. Biasanya jumlah transaksi kecil tapi banyak sekali. Untuk memeriksa silang semua transaksi satu per satu tanpa alat bisa menjadi tugas yang tidak pernah berakhir. Jadi, inilah celah dalam operasional yang biasanya memicu manipulasi. Fitur Distribusi BOSNET, Depot Settlement, disediakan untuk melakukan cross check transaksi antar transaksi

Penetapan Harga 

Komprehensif namun sederhana untuk mengatur konfigurasi harga.

Saat menentukan harga, ada beberapa kombinasi hal yang perlu diperhatikan, biasanya Harga Per Item, Diskon dan Bonus Produk. Kombinasi dari ketiga hal ini, yang dimasukkan menjadi satu akan menjadi katalog harga. Pemodelan harga ini digunakan dalam fitur Katalog Harga Distribusi BOSNET. Ini memungkinkan Anda membuat banyak katalog berbeda seperti Katalog Harga Perdagangan Modern, Katalog Harga Kembali ke Sekolah, atau Katalog Harga Jawa Barat, semuanya di satu tempat. Selain itu, ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa katalog harga untuk membentuk Diskon atau Bonus Multi Level. Setelah katalog harga ditetapkan dan diuji, Anda dapat menerapkannya ke grup pelanggan. Ini adalah tugas standar, satu katalog harga untuk satu grup pelanggan. Ada dua jenis tugas lain yang tersedia di Distribusi BOSNET

Framework

Fondasi yang kuat untuk distribusi dan aplikasi masa depan Anda

Meskipun saat ini biaya koneksi semakin terjangkau, masih banyak depot yang tidak terlihat mendapatkan koneksi online. Biasanya solusinya adalah dengan mengekspor-impor data, namun ada beberapa kekurangan: harus dimonitor secara manual dan tidak dapat menjamin integritas data. Bukan dengan solusi Sinkronisasi Data BES, ini menghilangkan kekurangan tersebut karena konsep solusinya adalah membuat sistem berjalan penuh online, hanya pembaruan data yang tertunda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Request a Demo